Kado Pertama Tahun 2017, Tel-U Raih Akreditasi A dari BAN-PT



BANDUNG, TEL-U – Mengakhiri tahun 2016 dan memasuki tahun 2017, Telkom University (Tel-U) berhasil meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Nilai ini secara resmi tertuang di dalam Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (SK BAN-PT) No: 3125/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016 yang keluar pada akhir tahun 2016 kemarin. Nilai akreditasi A ini tentunya merupakan kabar baik bagi seluruh sivitas akademika Tel-U dan seolah menjadi kado tahun baru 2017. Apresiasi disampaikan oleh Rektor Tel-U, Prof Ir Mochamad Ashari, MEng, PhD.

Rektor mengatakan, saat ini dari 4.500 perguruan tinggi di Indonesia, hanya 48 perguruan tinggi yang terakreditasi A, dan Tel-U salah satunya. “Sekarang Tel-U sudah bisa disamakan dengan perguruan tinggi di Indonesia yang menyandang akreditasi A, sekaligus A tersebut adalah sebuah pengakuan dari BAN-PT tentang kualitas Tel-U,” ujarnya. Rektor menambahkan, dalam menilai sebuah institusi perguruan tinggi mengacu pada tujuh standar penliaian.

Pertama visi misi, tujuan, sasaran serta strategi pencapaian, kedua Tata Pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu.

Standar ketiga, mahasiswa dan alumni, Standar keempat sumber daya manusia.

Standar kelima kurikulum pembelajaran, Standar keenam sarana prasarana dan sistem informasi, dan Standar ketujuh berupa penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama. “Alhamdulillah Tel-U meraih poin tertinggi untuk bidang penelitian, pelayanan atau pengabdian kepada masyarakat, selain itu kerja sama internasional Tel-U juga mendapatkan apresiasi dari BAN-PT,” ujarnya. Rektor menambahkan, capaian A ini merupakan kebanggaan bagi sivitas akademika Tel-U karena tidak mudah untuk mendapatkannya.

Di sisi lain, dengan perolehan nilai A ini, banyak target yang harus dipenuhi baik target jangka panjang dan jangka pendek. “Misalnya, target kami untuk jangka pendek adalah meningkatkan jumlah dosen lulusan S3, jumlah guru besar juga masih terus ditingkatkan serta merealisasikan riset center terbaru kita yakni Research Center for Advanced Wireless Technologies (AdWiTech).

Adapun target jangka panjang antara lain harus menjadi research university pada tahun 2023,” ujarnya. Tak lupa Rektor menyampaikan terima kasih kepada seluruh sivitas akademia Tel-U yang sudah berkontribusi besar sehingga mampu meraih akreditasi A. “Terimakasih kepada dosen, staff, mahasiswa, mitra, kepada Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) dan untuk kementrian ristek dikti, kopertis, pemerintah daerah, provinsi dan pusat.

Semoga apa yang kita cita-citakan agar Tel-U semakin baik dan berkontribusi untuk membangun bangsa Indonesia melalui pendidikan, bisa terus meningkat,” katanya.(PR/AW) sumber : sekpim_telkomuniversity

Comments