SEJARAH SINGKAT SPM Universitas Telkom

Satuan Penjaminan Mutu (SPM) Universitas Telkom berdiri pada tahun 2013, berdasarkan Keputusan Dewan Pengurus Yayasan Pendidikan Telkom Nomor: KEP.494/DGA-02/YPT/2013 tanggal 2013 tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja Universitas Telkom. Satuan Penjaminan Mutu Universitas Telkom merupakan penggabungan dari tiga Satuan Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi Swasta, yaitu Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom) dan Politeknik Telkom.

SPM Universitas Telkom pertama kami bertempat di Gedung Panambulai Lantai 3 dan seiringnya waktu serta perubahan Struktur Organisasi dan Tata Kerja di Universitas Telkom, maka pada tanggal 30 November 2016 SPM Universitas Telkom di gabung ke dalam Direktorat Sekretariat Universitas dengan Keputusan Dewan Pengurus Yayasan Pendidikan Telkom nomor:KEP.0827/00/DGA-02/YPT/2016 tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja Universitas Telkom. Dengan bergabungnya Bagian Satuan Penjaminan Mutu ke dalam Direktorat Sekretariat Universitas maka kegiatan yang berkaitan dengan penjaminan mutu di lingkungan Universitas Telkom pindah ke Gedung Bangkit/ Gedung Rektorat Universitas Telkom.

SPM Universitas Telkom pertama kali dipimpin oleh Ir. Sri Widaningrum, M.T., SPM Universitas Telkom memiliki tugas membudayakan sistem penjaminan mutu internal di Universitas Telkom dalam rangka menuju world class university.

Dalam rangka mewujudkan program tersebut, SPM Universitas Telkom mempunyai tugas :
1. Meningkatkan akreditasi nasional dan internasional;
2. Mendapatkan sertifikasi internasional;
3. Melakukan pengembangan sistem manajemen mutu;
4. Melakukan pengembangan sistem informasi; dan
5. Melakukan peningkatan kualitas sumber daya.